rss
twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

www.facebook.com/KELAB PENCINTA GAHARU (sila click link pada gambar di bawah)

Tuesday, October 6, 2009

TEKNIK INOKULASI/VAKSIN GAHARU

Inokulan RM350/kg







Setelah dilakukan percubaan maka hasil yang terbaik untuk mendapatkan resin gaharu adalah dengan melakukan penyuntikan teknik spiral, bahan dan alat yang diperlukan adalah :
1. Bor kayu dengan ukuran minimal 10 mm, sesuai dengan diameter batang semakin besar diameternya maka ukuran bor semakin besar, ukuran bor yang biasa digunakan berukuran 13 mm.
2. Genset 450 watt atau 900 watt dan bor elektrik.
3. Marker permanent sebagai penanda titik bor.
4. Alat ukur meter untuk mengukur keliling batang dan jarak titik bor satu dengan lainnya.
5. Pinset dan suntikan sesuai ukuran bor (dibuat dr botol dan hos kecil).
6. Alkohol 70 % untuk sterilkan alat dan lubang hasil bor kayu.
7. Gunting serta kapas.
8. Lilin lunak, plaster atau lakban, untuk menutup lubang bor.
9. Sarung tangan getah dan Inokulan Gaharu.

Proses pengerjaannya dengan mengikuti prosedur dibawah ini :
1. Ukur titik pengeboran awal 1 meter dari permukaan tanah. Beri tanda dengan marker. Kemudian buat lagi titik pengeboran diatasnya dengan mengeser kearah horizontal sejauh 15 cm dan vertical 15 cm. dengan cara yang sama buatlah titik berikutnya hingga setelah dihubungkan membentuk garis spiral.
2. Ukur lingkaran batang untuk mendapatkan diameter batang. Misalkan lingkaran batang 60 cm, hitung diameternya dengan rumus : Keliling Lingkaran = diameter x 3,14. contoh 60 cm = diameter x 3,14 berarti diameter batang = 60 cm : 3,14 = 19,11 cm.
3. Buat lubang sedalam 1/3 diameter batang pada titik pengeboran yang sudah ditanda dengan marker. Contoh : Kedalaman lubang bor = diameter batang x 1/3 = 19,11 x 1/3 = 6,4 cm.
4. Bersihkan lubang bor dengan kapas yang sudah direndam dengan alcohol.
5. Masukkan inokulan dengan pinset ke dalam suntikan yang ujungnya sudah dipotong, kemudian masukkan inokulan kedalam lubang sampai penuh.
6. Tutup lubang yang telah terisi penuh inokulan dengan lilin agar tak ada kontaminan dari mikroba yang lain. Untuk mencegah air ke permukaan, lilin ditutup kembali dengan plaster.
7. Cek hasil penyuntikan setelah 3 bulan, caranya buka plAster dan lilin kemudian kupas sedikit kulit batang, jika batang tampak berwarna coklat kehitam hitaman berarti penyuntikan berhasil. Tutup kembali lubang dengan lilin dan plester.
8. 7 bulan setelah penyuntikan ambil sample dengan mengebor lubang baru 5 cm diatas lubang sebelumnya, jika serbuk hasil bor sudah hitam atau wangi atau sesuai dengan ciri-ciri yang diinginkan maka pohon sudah dapat ditebang jika belum sesuai tutup kembali lubang dengan lilin. Tanda hasil mulai maksimal jika daun gaharu sudah mengering 50 % hal ini biasanya terjadi pada 1,5 tahun sampai 2 tahun setelah penyuntikan tergantung dari besarnya diameter batang, semakin besar diameter batang maka proses mengeringnya daun semakin lama.
9. SELAMAT BERJAYA DAN NIKMATI HASILNYA.

3 comments:

gen7 said...

hi..
kalau 1kg vaksin brapa pokok kita dapat, kalau pokok itu 60cm lebar dan 20 meter tinggi?
serbuk ni kena penuh ke isi dlm satu lubang?
http://engkaras.blogspot.com
gen7

Jamar - 012 3790215 said...

Mungkin tuan dapat meluangkan masa memberi komen mengenai Inokulan Gaharu Biotech di gaharucandanku.blogspot.com

Terima kasih

Anonymous said...

assalamulaikum,
berapa banyak inokulan yang dimaukan untuk setiap lubangnya, thanks.

salam,
ezra